Mewujudkan Pelayanan Perumda Tirta Mahakam Yang Prima Serta Kondisi Perusahaan Yang Sehat Dan Mandiri
MISI
- Meningkatkan kualitas penyelenggaraan operasional dan pelayanan pelanggan sesuai peraturan standart kinerja PDAM.
- Memberikan kontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
- Memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan professional.
Penjabaran Visi
- Pelayanan PERUMDA Tirta Mahakam Yang Prima
Bermakna bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya sesuai prosedur yang berlaku sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.
- PERUMDA Tirta Mahakam Yang Sehat
Bermakna bahwa PERUMDA Tirta Mahakam yang memenuhi kriteria sehat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Pemerintah dan BPSPAM.
- PERUMDA Tirta Mahakam Yang Mandiri
Mengandung pengertian bahwa
PERUMDA Tirta Mahakam mampu membiayai kebutuhannya sendiri, khususnya mengenai pendanaan untuk membiayai operasional dan investasi sarana dan prasana yang dibutuhkan, tanpa terlalu banyak bergantung kepada APBN/APBD.
PERUMDA Tirta Mahakam mempunyai kewenangan penuh dalam menentukan kebijakan teknis operasional dan kepegawaian dalam kerangka kebijakan yang telah digariskan oleh Pemerintah, tanpa intervensi dari pihak lainnya.
Visi tersebut juga mengandung makna bahwa PERUMDA Tirta Mahakam akan terus berkembang secara berkelanjutan, melalui perbaikan manajemen terus menerus antara lain perbaikan sistem administrasi, pembenahan operasional dan peningkatan kesejahteraan pegawai, regulasi yang mengatur tentang pola kerja yang dinamis dan bertanggung jawab, sehingga tercipta suatu sistem kerja yang terstandar menuju perusahaan yang sehat dan mandiri.
Nilai-Nilai Perusahaan
Nilai-nilai perusahaan merupakan kumpulan nilai yang menjadi dasar maupun pijakan perusahaan dalam membentuk sistem, proses, kebijakan, serta strategi dalam menjalankan perusahaan. Selain itu, nilai perusahaan dijadikan sebagai alat atau tujuan karyawan atau tujuan bersama, dan merupakan kepercayaan yang ditanamkan dalam tatanan perusahaan yang dapat menembus batas objek, manusia serta situasi.
Nilai nilai PERUMDA Tirta Mahakam adalah sebagai berikut :
- Integritas yaitu mengutamakan profesionalisme, keterbukaan, tanggung jawab dan etika sebagai pedoman kinerja secara konsisten
- Profesional yaitu mengetahui dan memahami tugas kewajiban sebagai insan PERUMDA Tirta Mahakam dengan baik dan melaksanakanya dengan berpegang teguh kepada nilai moral yang luhur.
- Pelayanan yaitu bahwa tujuan dari penyelenggraaan operasional PERUMDA Tirta Mahakam adalah harus mampu memberikan keyakinan dan kepercayaan kepada kepuasan pelanggan
- Kerjasama, yang bermakna bahwa nyelenggaraan Perumda Tirta Mahakam harus didasari dengan Kerjasama semua pihak dengan prinsip saling percaya, menghargai, menghormati dan didasari peraturan dan norma yang berlaku
Logo
Logo berbentuk tetes air terdiri dari empat pilar melengkung berujung runcing berwarna biru serta dua bagian berbentuk setengah lingkaran yang saling berhimpit pada bagian bawah berwarna hijau dan kuning emas. Berada didalam sebuah lingkaran sempurna dengan dasar warna putih dan tulisan Tirta Mahakam yang bermakna “Pelayanan air bersih yang diberikan bagi seluruh lapisan masyarakat oleh Perusahaan Umum Daerah Air MInum Tirta Mahakam, yang berkembang berkelanjutan serta bertanggungjawab, dalam semangat kebersamaan “
Makna Logo Gambar, Tulisan dan Warna
Makna Tulisan
Tirta | : | Air |
Mahakam | : | Nama sungai terbesar dan terpanjang yang melintasi sebagian besar kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, yang merupakan Natural Landmark kebanggaan Kutai Kartanegara dan menjadi sumber air baku bagi sebagian besar pengolahan air Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mahakam |
Warna | : | Hitam bermakna kekuatan, keyakinan, kepercayaan diri dan kebijaksanaan |
Makna Gambar
Bentuk tetes air yang tersusun dari empat pilar berbentuk melengkung dan berujung runcing berwarna biru yang melambangkan empat elemen utama didalam penyelenggaraan PERUMDA Tirta Mahakam perusahaan yaitu:
- Keuangan
- Internal Bisnis (Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan)
- Pelanggan
- Tata Kelola dan Kompetensi Sumber Daya Manusia
Pilar yang berbentuk melengkung melambangkan penyelenggaraan perusahaan yang dinamis, adaptif dan inovatif.
Ujung pilar yang berujung runcing bermakna tata kelola perusahaan yang baik sesuai Undang Undang dan peraturan yang berlaku
Warna biru bermakna loyalitas, kompetensi, kepercayaan dan ketulusan dalam pelayanan kepada pelanggan
Bentuk setengah lingkaran berujung runcing yang berada pada sisi kiri dan ujungnya berada dibawah pilar biru melambangkan Stakeholder PERUMDA Tirta Mahakam yaitu Pemerintah Daerah sebagai Pemilik, Dewan Pengawas dan Masyarakat. Yang menjadi bagian tidak terpisahkan dan berperan dalam mendukung kemajuan pengembangan pelayanan air bersih. Bagian ini bermakna pengayoman, dukungan dan pengawasan.
Warna Kuning Emas bermakna hubungan yang baik dan saling mendukung serta harapan dan optimisme terhadap kemajuan perusahaan daerah air minum yang sehat dan mandiri
Bentuk setengah lingkaran yang berada pada sisi kanan berwarna hijau melambang filosofi sikap Perumda Tirta Mahakam yang perduli kepada kelestarian lingkungan yang mendukung terhadap keberlangsungan dan ketersediaan air baku yang menjadi kebutuhan utama produksi air bersih, baik itu air baku permukaan maupun air sumur dalam yang akan membawa manfaat bagi peningkatan taraf kesehatan masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara.
Warna Hijau melambangkan lingkungan yang bertumbuh, ketenangan, kesejukan dan kesejahteraan
Bentuk lingkaran sempurna berwarna biru dan bagian dalam lingkaran berwarna putih, melambangkan pelayanan air bersih yang prima, berkesinambungan dan berkeadilan tanpa membedakan latar belakang pelanggan/masyarakat.
Warna Biru pada lingkaran melambangkan loyalitas, kompetensi, kepercayaan dan ketulusan dalam pelayanan kepada pelanggan
Warna dasar lingkaran yang berwarna putih melambangkan kesucian niat pelayanan air minum sebagai ibadah serta memberikan pelayanan yang berkeadilan dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan air bersih.